irvanmumtaza

Sejarah Singkat Bumi Dan Kehidupannya

In 1 on 17 April 2010 at 02:44

Untuk melengkapi pengetahuan kita bersama tentang proses evolusi yang saat ini sedang ramai banyak didiskusikan di banyak tempat. Tentunya sejarah singkat dari bumi ini diperlukan sebagai awal untuk menceritakan tentang tentang evolusi. Untuk soal dimensi atau satuan waktu coba kita bandingkan Homo Floresiensis yang diperkirakan hidup sekitar 18 ribu tahun yang lalu dengan usia Bumi yang diperkirakan 4,6 Milyar tahun. Homo Floresiensis ini ditemukan di Gua Liang Bua tahun 2003 Flores, Indonesia. Dan baru diumumkan sebagai makhluk hidup yang berbeda spesies dengan manusia saat ini.

* Bisa kita bayangkan Homo Floresiensis dengan julukan (Manusia kerdil di Flores) ini baru berusia 18.000 tahun, sedangkan usia Bumi 4.600.000.000.000 tahun. Untuk yang suka mendalami science… bayangkan betapa lambat dan pelannya proses evolusi ini berjalan. Sebuah proses ”ilusi waktu” yang tidak mudah diungkap dan diterima setiap orang begitu saja.

* Untuk yang suka mendalami Agama… Tuhan menciptakan alam ini sudah sangat lama dan berhati-hati… jadi kita perlu untuk menjaganya!

Evolusi adalah sebuah teori ilmiah tentang perkembangan makhluk hidup. ketika ada yang bertanya apakah berarti Manusia dari kera? semestinya kita langsung marah, kenapa? karena untuk belajar tentang evolusi dari ilmu Geologi lebih baik dimulai dari pengenalan Jaman serta dimensi waktu Geologi dulu.

Sejarah Bumi

Bumi adalah tempat segenap makhluk hidup termasuk Manusia telah terbentuk kira-kira 4.600.000.000.000 tahun lalu bersamaan dengan planet-planet lain yang membentuk tatasurya dengan Matahari sebagai pusatnya. Sejarah kehidupan di Bumi baru dimulai sekitar 3.500.000.000 tahun lalu dengan munculnya micro-organisma sederhana yaitu bakteri dan ganggang. Kemudian pada 1.000.000.000 tahun lalu baru muncul organisme ber sel banyak. Perkembangan perubahan tumbuhan diawali oleh Pteridofita (tumbuhan paku). Gimnosperma (tumbuhan berujung) dan berakhir Angiosperma (tumbuhan berbunga). Sedangkan perkembangan dan perubahan hewan dimulai dari invertebrata, ikan, amfibia, reptilia, burung dan terakhir mamalia, kemudian muncul Manusia. Kalau dalam ilmu sejarah kita mengenal jaman-jaman dengan nama-nama khusus khususnya. Misalnya pada Jaman Batu, Jaman Pajajaran, Majapahit atau disebuat Jaman Kerajaan. Terus ada yang membagi lagi dengan Kala, Masa dan sebagainya. Dalam ilmu Geologi juga mirip. Ada yang disebut “jaman”, “kala”, “periode” dan sebagainya.

Sejarah Pembentukan Muka Bumi

Bumi merupakan planet terbesar ke-5 di antara 8 planet lainnya dalam tata surya kita. Diameter Bumi adalah 12.756 km (di khatulistiwa). Jaraknya ke Matahari sekitar 150.000.000 km (di kenal dengan satuan Astronomi (SA)). Diselimuti oleh atmosfer yang mengandung banyak oksigen. Di Bumi tersedia air yang cukup dan suhu permukaan rata-ratanya 22 C. Oleh karena itu Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat didiami oleh makhluk hidup. Kala revolusinya 365 1/4 hari (1 tahun). Untuk sekali berputar pada porosnya (rotasi) selama 24 jam (1 hari). Memiliki sebuah satelit alami, yaitu bulan yang berjarak 385.000 km dari Bumi.

  1. Selamat pagi, posting yang mengesankan banget, sukses untuk anda.
    Kunjungi juga Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, ada posting yang membahas : “Proses kerja usaha cuci sepeda motor?”, dan artikel lain yang berguna, jangan lupa kasi komentar yaaa. Makasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: