irvanmumtaza

Tingkat Kelulusan Ujian Nasional 2010

In 1 on 24 April 2010 at 01:17

Jumlah tingkat ketidaklulusan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Indonesia bagian Timur lagi-lagi menduduki peringkat pertama. Posisi pertama sebagai daerah yang tingkat kelulusannya terendah, atau daerah yang mengulang UN-nya terbanyak adalah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari total peserta sebanyak 35.201 siswa di NTT, siswa yang mengulang (tidak lulus) sebanyak 18.333 atau sebesar 52,08 persen. Sementara siswa yang tidak mengulang (lulus) sebanyak 16.868 siswa. Setelah NTT, wilayah yang siswanya paling banyak mengulang UN (tidak lulus) adalah Gorontalo, dengan prosentase 46,22 persen atau sebanyak 3.308 siswa dari 7.157 total siswa di Gorontalo.

Sementara siswa yang tidak mengulang, sebanyak 3.849 siswa. Setelah itu, daerah Maluku Utara menduduki peringkat ketiga daerah yang paling banyak mengulang. Dari total 14.437 siswa yang ikut UN, ada 5.942 siswa yang mengulang (tidak lulus) atau 41,16 persen, sisanya 8.495 siswa tidak mengulang atau lulus.

“Analisis yang dilakukan faktor menurunnya tingkat kelulusan karena pengawasan yang lebih ketat. Namun, bukan berarti dulu tidak diawasi. Contoh yang menonjol Gorontalo, tahun lalu kelulusan di daerah itu 90 persen lebih sekarang turun menjadi 53 persen. Memang kepala dinas menyampaikan saat penandatangan pakta kejujuran, tidak apa turun yang penting jujur. Ada komitmen kejujuran tetap nomor satu,” kata Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, Jumat (23/4).

Selain NTT, Gorontalo, dan Maluku Utara, daerah laiinya yang tingkat tidak lulus atau mengulangnya tinggi adalah Sulawesi Tenggara 35,8 persen, Kalimantan Timur 30 persen, dan Kalimantan Tengah 39 persen. Mendiknas menjanjikan segera melakukan perbaikan terhadap sekolah-sekolah yang siswanya tidak lulus.

”Kami sedang memetakan mata pelajaran apa, sekolah mana, dan provinsi mana yang mengalami masalah ketidaklulusan. Tahun ini akan ada intervensi kebijakan untuk penguatan untuk sekolah yang tidak lulus mulai dari guru, fasilitas, buku,” kata Nuh.

Mata pelajaran yang menyebabkan ketidaklulusan, sambung M Nuh, tertinggi adalah Matematika dan Fisika. Siswa yang tidak lulus berhak mengikuti ujian ulangan yang akan diselenggarakan 10 – 14 Mei 2010. Semua sekolah yang ada muridnya tidak lulus, diminta segera melakukan pengulangan mata pelajaran yang akan diuji kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: