irvanmumtaza

Layanan Perpustakaan Depdiknas

In 1 on 9 Mei 2010 at 04:56

Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) memperluas layanan bagi masyarakat. Perpustakaan Depdiknas kini dilengkapi dengan 10 unit komputer untuk mengakses jurnal elektronik, ruang baca khusus anak, home theater, ruang kelas, dan ruang baca.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo meresmikan penggunaan perluasan layanan Perpustakaan Depdiknas di Gedung Depdiknas, Kamis (8/10).

Dalam siaran persnya Mendiknas mengatakan, koleksi perpustakaan ini mencakup buku-buku pendidikan anak usia dini (PAUD), tingkat dasar, dan menengah. Mendiknas juga memberikan perhatian khusus atas tersedianya koleksi buku pendidikan tinggi. “Kalau untuk perpustakaan digital sama sekali tidak ada hambatan. Ruang sebesar ini cukup untuk mengakomodasi perpustakaan digital untuk jurnal pendidikan,” jelasnya.

Mendiknas berharap, selain koleksi buku pendidikan formal, tersedia juga koleksi untuk pendidikan nonformal dan informal. Perpustakaan ini, kata dia, dapat menjadi acuan untuk mengakses peraturan perundang-undangan, ensiklopedi, kamus, dan data lainnya. “Terutama data-data pendidikan harus bisa diakses melalui perpustakaan ini. Dan ini harus menjadi surga bagi mereka yang ingin menjadi pembelajar sepanjang hayat bahkan bagi peneliti untuk melakukan riset,” katanya.

Jurnal elektronik yang disediakan ada tiga, yakni ProQuest, EBSCO, dan Cengage.  Jurnal ProQuest memuat bidang agama, ilmu sosial, pertanian, sain, dan seni. Sementara, jurnal EBSCO memuat bidang teknik, bisnis, dan kedokteran, sedangkan jurnal Cengage memuat bidang sain, pendidikan, dan ilmu sosial. Pengunjung dapat mengakses berbagai tulisan yang tersedia di ketiga jurnal tersebut secara gratis.

Perpustakaan yang terletak di Gedung A Depdiknas Jalan Jenderal Sudirman Senayan, Jakarta ini juga menyediakan ruang baca khusus bagi pengunjung yang membawa makanan dan minuman. Fasilitas lainnya adalah komputer bagi tuna netra dan TV kabel.

Sekretaris Jenderal Depdiknas Dodi Nandika mengatakan, saat ini koleksi buku di Perpustakaan Depdiknas telah mencapai 20 ribu eksemplar dan koleksi audio video di atas 6.000 judul. Dia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, maka perpustakaan diperluas dari satu lantai menjadi dua lantai dengan luas dari semula 600 m2 menjadi 1.400 m2. ”Mudah-mudahan ini menjadi tonggak sejarah pelayanan perpustakaan,” tegasnya. eye

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: