irvanmumtaza

Profil Institut Pertanian Bogor

In 1 on 19 Oktober 2010 at 09:43

Institut Pertanian Bogor (IPB) berdiri tanggal 1 September 1963. Perguruan tinggi ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang berasal dari Universitas Indonesia (UI). Sebagaimana induknya, IPB juga masuk kategori perguruan tinggi menjanjikan berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Tahun 2007.

IPB menyelenggarakan pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana dan program doktor. Kampus ini juga dikenal sebagai kampus PMDK, karena sebelumnya seleksi calon mahasiswa didominasi mekanisme penelusuran minat dan kemampuan (PMDK).

Fakultas dan program studi yang berada di bawah naungan IPB antara lain Fakultas Pertanian, dengan program studi Agronomi dan Hortikultur, Arsitektur Lansekap, Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, dan Proteksi Tanaman.

Fakultas Kedokteran Hewan, dengan program studi Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi, Ilmu Penyuluhan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, serta Klinik, Reproduksi dan Patologi.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dengan program studi Budidaya Perairan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, serta Ilmu dan Teknologi Kelautan.

Fakultas Peternakan, dengan program studi Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan serta program studi Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan. Fakultas Kehutanan, dengan program studi Manajemen Hutan, Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, dan program studi Silvikultur.

Fakultas Teknologi Pertanian, dengan pogram studi Teknik Pertanian, Ilmu dan Teknologi Pangan, dan program studi Teknologi Industri Pertanian. Fakultas Matematika dan IPA, dengan program studi Kimia, Geofisika dan Meteorologi, Statistika, Biologi, Matematika, Ilmu Komputer, Fisika, dan Biokimia.

Fakultas Ekonomi dan Manajemen, dengan program studi Ilmu Ekonomi, Manajemen, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, dan Agribisnis. Fakultas Ekologi Manusia, dengan program studi Gizi Masyarakat, Ilmu Keluarga dan Konsumen, dan program studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

Beberapa prestasi yang pernah diraih IPB antara lain tercetusnya gagasan atau konsep BIMAS-SSBM pada tahun 1963-1964 dalam bentuk introduksi inovasi pengelolan sarana produksi. Gagasan ini untuk meningkatkan produktivitas usaha tani padi. Gagasan ini selanjutnya dialih-kelola oleh pemerintah yang pada tahun 1966-1967 diwujudkan dalam bentuk panca usaha-tani untuk menyebarluaskan padi IR-5 dan IR-6. Kegiatan ini telah menghantarkan Indonesia kepada swasembada beras, sehingga pada tahun 1986 FAO menyematkan medali penghargaan kepada Presiden Soeharto di Roma Italia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: