irvanmumtaza

Madrasah Bisa Sejajar Sekolah Umum

In 1 on 28 November 2010 at 07:04

Lembaga pendidikan madrasah dituntut melahirkan terobosan-terobosan baru guna meningkatkan kualitas dan mutu sekolah. Potensi sumber daya manusia yang dimiliki madrasah tak kalah dengan lembaga sekolah umum lainnya.

Apalagi, seperti dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Sutami, tantangan globalisasi ke depan membutuhkan peran aktif alumni madrasah. “Buktikan kalau madrasah bisa sejajar dengan sekolah umum,” ujar dia saat membuka secara resmi Kompetisi Kreativitas Madrasah (Madrasah Creativity Competition /MCC)di Jakarta, Sabtu (27/11).

MCC, tutur Sutami, adalah ajang menggali bakat, minat, dan prestasi siswa di tingkat MTsN di wilayah DKI Jakarta. MCC perlu ditingkatkan, sambungnya, hingga menjadi tolok ukur keberhasilan proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh para guru dan melibatkan seluruh MTs tak hanya negeri tapi swasta.

Tujuan MCC, papar Sutami, untuk memacu perkembangan madrasah dalam rangka menghadapi tantangan global. Para murid madrasah penting dibekali bahasa yang merupakan alat komunikasi dan kunci gerbang ke dunia luar. “Minimal dua bahasa, yaitu Arab dan Inggris,” ungkapnya.

Sutami mengemukakan pemerintah berupaya meningkatkan pemberdayaan dan pengembangan madrasah, baik dari sisi pendanaan ataupun peningkatan SDM guru dan siswa melalui pelatihan dan beasiswa. Tak terkecuali lembaga-lembaga pendidikan madrasah swasta yang memerlukan perhatian ekstra. Utamanya, memberikan bimbingan manejerial dan kurikulum pendidikan yang memadai.

Dia menyebutkan, di DKI Jakarta terdapat 492 madrasah ibtidaiyyah setara SD, 234 madrasah tsanawiyah setingkah SMP, dan 86 madrasah aliyah setara SMA. “Sekitar 88 persen dari jumlah tersebut masih dikelola swasta,” ujar dia.

  1. Madrasah ideal seharusnya tidak sama dengan sekolah umum. sebab secara historis latar belakang berdirinya madrasah berbeda dengan sekolah umum. Dan dalam perjalanan selanjutnya juga harus berbeda dengan sekolah umum, jika disamakan itu merupakan kemunduran bagi madrasah. adapun pengakuan/legelitas ijazah sebaagaimana yang termaktub dalam SKB 3 Mennteri itu penting (harus).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: